Hindari Seks Bebas, Yuk Kenali Masalah Kesehatan Reproduksi Yang Dialami Para Remaja!

Saat memasuki usia belasan tahun, seseorang memiliki rasa ingin tahu yang besar untuk mencoba hal hal baru dalam hidupnya. Tidak pernah terlintas dalam benaknya mengenai resiko yang harus ditanggung dan akibat yang terjadi di kemudian hari. Ia mencoba hal baru dengan resiko yang tinggi, salah satunya masalah kesehatan reproduksi. Banyak remaja yang belum tahu, yuk simak selengkapnya di sini!

Read More

Masalah Kesehatan Alat Reproduksi yang Dialami Remaja

1. Seks Bebas

Memasuki pasa pubertas, setiap orang mulai tertarik pada lawan jenis yang berakhir dengan berpacaran. Dengan pengaruh teman, lingkungan, konten negatif, dan rasa ingin mencoba pengalaman baru para remaja terlibat pergaulan bebas. Bahkan telah melakukan hubungan seks tanpa pengetahuan yang benar dari orang dewasa. Hal itu mempertaruhkan kesehatan alat reproduksi.

2. Kehamilan

Hubungan seks di luar nikah dengan minimnya pengetahuan dengan seks dapat berakibat kehamilan yang tidak diinginkan. Di usia sekolah, hamil menjadi pukulan berat bagi wanita karena harus putus sekolah. Kondisi mentalnya yang terpuruk dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin. Selain itu, dapat dipastikan mendapat pandangan buruk dari masyarakat.

3. Pernikahan Dini

Pernikahan harus dipersiapkan dengan matang, salah satunya persiapan mental. Oleh karena itu BKKBN menetapkan usia minimal dilegalkan untuk menikah adalah 19 atau 21 tahun. Usia ini dinilai telah mampu untuk membina rumah tangga, baik secara fisik ataupun mental. Remaja yang menikah terlalu dini dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan fisik atau mental.

4. Aborsi

Aborsi adalah sebuah usaha menghentikan kehamilan dengan sengaja sebelum janin dapat tumbuh di luar kandungan. Usaha ini dilakukan tanpa pengawasan medis dan tidak aman. Akibatnya adalah masalah kesehatan reproduksi yang serius, yaitu alat kelamin rusak, depresi karena salah bersalah bahkan dapat berujung pada gangguan mental. Inilah yang harus diwaspadai.

Para remaja memang selalu ingin tahu tentang berbagai hal, salah satunya tentang pergaulan. Cara bergaul yang benar pun harus diketahui agar tidak terjerumus ke lingkungan yang tidak baik. Pergaulan bebas dapat menimbulkan beberapa hal negatif seperi seks bebas, kehamilan yang tidak diinginkan, pernikahan dini, terakhir aborsi. Sebaiknya berilah anak anak pengetahuan seks sejak dini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *