Anti Hack, Yuk Intip Cara Agar Whatsapp Tidak Disadap

Foto : Canva.com Pro

Sejak awal kemunculannya di tahun 2009 silam, salah satu aplikasi pesan instan ini menarik perhatian banyak orang untuk menggunakannya. Tak hanya bisa mengirim pesan teks singkat saja, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk bisa menelpon, video call, mengirim file dan sebagainya.

Seperti halnya aplikasi lainnya, Whatsapp juga memungkinkan untuk bisa dihack dengan aplikasi sadap whatsapp. Yuk intip cara agar whatsapp tidak disadap.

Read More

Tips Mengamankan WhatsApp

1. Mengaktifkan Two- Step Verification

Sebagai aplikasi chatting yang paling bergengsi di dunia, WhatsApp menghadirkan banyak fitur yang menguntungkan. Selain bisa mengirim pesan teks, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna bisa mengirimkan berbagai file, mulai dari gambar, audio, video serta dokumen dan sejenisnya. Selain itu, WhatsApp juga memberikan kemudahan pada pengguna untuk bisa melakukan panggilan telepon biasa dan video, baik untuk satu orang maupun kelompok.

Banyaknya keunggulan yang dibawakan, tak ayal aplikasi ini sering digunakan oleh sebagian besar orang. Namun, WhatsApp juga rawan untuk disadap, sama seperti aplikasi lainnya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengamankan kerahasiaan data adalah dengan mengaktifkan two-step verification. Fitur tersebut bisa digunakan untuk menambah keamanan dari akun WA anda.

Ketika ingin mengaktifkan fitur ini, biasanya anda akan diminta untuk memverifikasi nomor telepon yang digunakan pada akun Whatsapp, serta menambahkan pin yang berisi enam digit. Apabila anda mengaktifkan fitur ini, orang yang akan menyadap akan kesulitan dalam mengakses aplikasi chat anda, karena harus memasukkan pin pribadi yang anda buat. Itulah cara agar Whatsapp tidak disadap oleh orang lain.

2. Whatslock

Aplikasi ini juga bisa anda tambahkan apabila ingin menjaga keamanan data ataupun pesan chat di Whatsapp. Aplikasi whatslock ini bisa anda unduh dengan mudah di Play store. Adapun fungsi dari perangkat tambahan ini adalah untuk mengamankan WA dari orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan rangkaian sandi yang rumit, bisa berupa rangkaian digit angka maupun pola garis.

Ketika menambahkan aplikasi whatslock, setiap anda mengakses pesan di whatsapp harus memasukkan password yang anda buat. Untuk lebih amannya, pastikan jika sandi yang dirangkai hanya diketahui oleh anda seorang. Disamping bisa mengamankan aplikasi WA, ternyata whatslock juga bisa mengunci aplikasi lainnya, seperti kontak, galeri dan media sosial lainnya.

3. Whatsapp Web

Selain itu, cara agar WhatsApp tidak disadap adalah dengan menggunakan WhatsApp web. Selain untuk mengamankan, ternyata fitur yang terdapat dalam aplikasi chat tersebut juga berfungsi untuk mengetahui apakah WhatsApp anda sedang disadap atau tidak. Hal tersebut bisa digunakan, karena aplikasi sadap WhatsApp umumnya memiliki cara kerja yang hampir sama dengan WA web.

Untuk mengetahuinya, anda bisa membuka WhatsApp web dengan menggunakan PC ataupun laptop. Apabila bisa masuk tanpa menggunakan scan barcode, maka kemungkinan besar aplikasi chatting anda tersebut sudah disadap orang lain. Selain itu, jika WA anda sudah disadap, biasanya akan muncul informasi jika terdapat orang lain yang telah mengaksesnya.

4. Tampilkan Notifikasi Keamanan

Langkah lain yang bisa digunakan untuk mengamankan WA adalah dengan menampilkan notifikasi keamanan. Biasanya, setiap anda melakukan chatting, WhatsApp akan memiliki kode khusus yang berupa barcode maupun kode berisi 60 digit angka. Apabila anda mengaktifkan fitur ini, maka setiap anda berkirim pesan anda akan menerima notifikasi.

Kode keamanan tersebut bisa jadi berubah karena anda maupun orang yang diajak chatting tersebut telah mengganti maupun menambahkan perangkat baru untuk nomer WA yang sama. Sehingga, dengan begitu anda maupun teman yang diajak chatting tersebut bisa saling mengetahui jika ada orang lain yang mengaktifkan WA di perangkat lainnya. Itulah cara agar Whatsapp tidak disadap orang lain.

5. Log Out Fitur Whatsapp Web

Hal ini sering sekali lupa dilakukan oleh sebagian besar orang, setelah log in Whatsapp Web menggunakan PC maupun laptop. Padahal, hal tersebut sangat berbahaya dan meningkatkan resiko WA disadap oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, untuk mencegah hal buruk yang mungkin terjadi, maka log out WA web setelah tidak digunakan.

Untuk menjaga kerahasiaan pesan pribadi dalam WhatsApp, maka harus dilakukan tindakan keamanan. Beberapa langkah tersebut bisa anda lakukan untuk mencegah aplikasi chatting agar tidak disadap oleh orang yang kurang bertanggung jawab. Selain itu, juga untuk menjaga informasi rahasia yang ada didalamnya. Selain itu, usahakan untuk tidak menginstal aplikasi pihak ketiga, seperti WhatsApp premium dan lain sebagainya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *