4 Cara Meningkatkan Efektifitas Masker Ditengah Pandemi

4-cara-meningkatkan-efektifitas-masker-ditengah-pandemi

Pandemi global COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini menuntut Anda agar selalu waspada sehingga terhindar dari virus berbahaya ini. Anda diwajibkan mengikuti seluruh prosedur kesehatan yang ditetapkan pemerintah, termasuk menggunakan masker saat sedang bepergian keluar rumah. Masker dapat diperoleh dengan mudah di toko jual masker kain. Pilihlah masker kain yang kualitas bahan dan filtrasinya bagus sehingga fungsi masker bisa dimaksimalkan.

Read More

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa meningkatkan efektifitas masker kain ditengah wabah COVID-19.

1. Pilihlah Masker dengan Bahan Kain yang Tepat

Walaupun tidak seefektif masker medis, namun pemilihan masker kain dengan bahan yang tepat dapat membuat Anda terhindar dari virus. Virus corona tersebar melalui droplet. Guna mencegah terpaparnya droplet secara langsung pada wajah atau kulit Anda, pastikan Anda memilih masker kain berbahan katun. Kain katun lebih disarankan dikarenakan bahannya cukup tebal namun mudah menyerap keringat. Hindari masker kain berbahan rajut, polyester, atau kain yang mudah lembab.

2. Pilihlah Masker yang Menutupi Area Hidung hingga Dagu

Pastikan masker kain yang Anda miliki mempunyai ukuran yang menutupi hidung, mulut, hingga area dagu Anda. Hindari memilih ataupun membeli masker dengan ukuran yang terlalu kecil, sempit, besar, atau bahkan longgar. Pastikan ukuran masker yang Anda beli di toko jual masker kain sudah pas/sesuai dengan wajah Anda sekaligus menutupi area hidung, mulut hingga dagu.

3. Pilih Tali Masker yang Nyaman

Pilihlah tali masker dengan bahan yang nyaman seperti tali masker berbahan karet yang elastis dan gampang kering walaupun terkena keringat. Jika Anda merasa gatal ataupun tidak nyaman di area pangkal telinga Anda, bisa jadi tali masker tersebut tidak cocok dengan Anda. Pastikan Anda memilih tali masker yang nyaman agar efektif ketika digunakan tanpa mengganggu penggunanya.

4. Jagalah Kebersihan Masker

Anda hanya dibolehkan mengenakan masker kain selama empat jam. Setelah itu Anda wajib mencucinya dengan air hangat dan detergen. Setelah itu dijemur sampai kering di bawah sinar matahari. Dikarenakan aktivitas mencuci dan harus menunggu masker Anda kering, Anda wajib memiliki masker kain lebih dari satu sebagai cadangannya. Masker lainnya bisa digunakan ketika masker yang lain sementara dicuci atau dijemur.

Itulah empat tips meningkatkan efektifitas masker kain guna menangkal COVID-19. Masker kain banyak beredar di pasaran, bahkan saat ini juga tersedia masker fullprint yang memiliki warna dan motif menarik. Memiliki masker fullprint secara custom bisa menjadi alternatif apabila Anda bosan dengan masker yang desain dan motifnya begitu-begitu saja. Lagi pula tidak ada salahnya tetap memperhatikan penampilan sekalipun harus memakai masker saat beraktivitas. Bukankah penampilan dan kesehatan sama-sama pentingnya?

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *